Upgrading fungsionaris HMSI - hari pertama

Sabtu. 21 Agustus 2010. 19:45 WIB
Upgrading fungsionaris HMSI hari pertama sudah terlewati. Begitu banyak materi dan pandangan-pandangan baru yang saya dapatkan pada hari pertama tersebut. Terlepas dari siapapun penyampai materi nya,  dari keseluruhan materi, yang paling berkesan menurut saya adalah Visi dan Misi.

Visi dan misi, untuk pengertian mengenai visi dan misi saya yakin semua peserta upgrading, yang kebanyakan adalah jebolan dari LKMM TD dan juga TM, tentu sudah mengerti dan memahami arti dari istilah ini.

Visi adalah serangkaian kata yang menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa dilihat oleh anggota dan stakeholders. Suatu pernyataan visi organisasi yang bagus tidak hanya menginspirasikan dan menantang, namun juga sangat berarti sehingga setiap anggota bisa menghubungkan tugas yang dilakukanya dengan visi.
Pernyataan visi harus mampu menjadi inspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukan setiap anggota. Yang paling penting pernyataan visi harus measurable, terukur sehingga setiap anggota bisa mengetahui apakah tindakan yang dilakukannya dalam rangka mencapai visi organisasi atau tidak. Sedangkan Misi adalah pernyataan-pernyataan yang mendefinsikan apa yang sedang/akan dilakukan atau ingin dicapai dalam waktu (sangat) dekat atau saat ini. Misi lebih terkonsentrasi ke saat ini dan merupakan target-target yang sifatnya lebih operasional yang mungkin dikaitkan dengan proses-proses dalam organisasi, serta tingkat kinerja yang diinginkan.

Begitu juga dengan organisasi kita, HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) suatu organisasi mahasiswa yang berada dalam lingkup Jurusan Sistem Informasi ITS. HMSI juga mempunyai suatu visi dan misi yang mulia yang menjadi pedoman dan landasan gerak bagi seluruh pengurus HMSI dalam menjalankan aktivitasnya. Visi dan misi HMSI membuat jalan organisasi tetap fokus dan terkendali. Visi dan misi HMSI menjadi ruh dalam setiap aktivitas organisasi yang dilakukan. Dan dari visi misi organisasi ini lah yang di turunkan menjadi kumpulan action organisasi atau yang sering kita sebut Program Kerja.

Nah, satu point yang membuat saya ingin menggaris besari materi ini adalah, harus kita sadari bahwa ternyata sebagai pengurus kita sering kali melupakan bahwa organisasi kita ini berada dalam lingkup jurusan sistem informasi yang juga mempunyai sebuah visi. Ya, JSI sebagai tempat kita bernaung juga mempunyai sebuah visi agung untuk kemajuan dunia system informasi di dunia. Dan HMSI adalah salah satu kendaraan untuk mencapai visi dari jurusan kita yang tercinta ini.

Oleh karena itu, segala aktivitas kita pun seharusnya selalu juga merujuk ke visi dan misi dari Jurusan.  Program kerja yang kita buat harus mampu menjawab visi himpunan sekaligus visi jurusan. Dan hal inilah yang seringkali kita lupakan, bahwa ternyata kegiatan-kegiatan yang kita ciptakan sering kurang berlandaskan atau bertujuan untuk mewujudkan visi tersebut. 

Semoga dengan pemahaman materi visi dan misi kita lebih mampu membuat proker-proker kreatif dan cerdas serta tepat sasaran yang mampu mewujudkan visi HMSI yang tentunya merujuk pada visi Jurusan Sistem Informasi yaitu menjadi Jurusan Sistem Informasi dengan produktivitas, kualitas, teknologi, sumber daya manusia terbaik di Indonesia dan diakui di ASEAN pada tahun 2015.

Demikian tadi adalah ulasan saya mengenai salah satu materi dalam Upgrading Fungsionaris HMSI pada tanggal 21 Agustus 2010. Selain Visi dan Misi, tentunya juga ada materi-materi lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu teamwork, kepemimpinan, analisa kondisi organisasi dengan menggunakan SWOT (Strength Weakness Opportunity Threat) dan BSC (Balance Score Card).

Terima Kasih.
Ruruh Estiningtyas - 5208100091

*ini sekedar resume , hehe. Vivat SI !

posted under |

2 komentar:

domtheo mengatakan...

aku suka dengan visi misi nya :D

Railing tangga

Gerrardz mengatakan...

Info nya mantap!! Poker Online Uang Asli

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

What date today ?

My Yahoo Messenger

Status YM

About Ruruu

Foto saya
Greater Jakarta Area, Jakarta, Indonesia
Mahasiswa dan atlit tidur nasional. Biasa dipanggil Ruru atau Tyas. Sedang menikmati kehidupan yang tak lepas dari kampus Sistem Informasi ITS TERCINTA (saya angkatan 2008) - HMSI - EUREKA TV ITS - Blog - Plurk - Web - YM - FB - Mall - Bioskop - Jogging - Temen teman - Selalu berusaha menjadi yang terbaik pada apa yg dijalaninya. Follow my blog : www.ofcourseruru.blogspot.com

Chit-Chat =D


ShoutMix chat widget

    cheers

    ofcourse.ruru

    blog-indonesia.com
    Powered By Blogger

Recent Comments