Kelompok 2 PSDP B - Pelanggan Tetap Malem Selasa KFC Mulyo

Pelanggan tetap Selasa malam KFC Mulyosari
Semester 4 kemarin, aku mengambil mata kuliah ERP (Enterprise Resource Planning). Tapi karena perubahan kurikulum dari kurikulum 2004 ke 2009, nama ERP diubah menjadi PSDP, yaitu Perencanaan Sumber Daya Perusahaan *perasaan sama aja,Cuma terjemahannya aja* .
Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP asalnya dari istilah (bahasa Inggrisnya), enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengiriman/shipping, invoice dan akuntasi perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

Dalam kelas ERP itu, Ibu Mahendrawati (Bu Dosen yg cantik dan menyenangkan), mewajibkan untuk bekerja secara berkelompok. Dan setelah proses yang cukup singkat *hehe* terbentuklah sebuah kelompok yang terdiri dari :

Ruru (Ruruh Estiningtyas - 5208100091)
Nama : Ruruh
Tanggal Lahir : 15 Januari 1990
Makanan Favorit : Bakso
Minuman Favorit : Es Teler
Buku Favorit : Shinchan & Buku-buku radityadika

R = Ruruh Namanya
U = Uayu Orangnya
R = Ruruh Lagi Namanya
U =Uayu Lagi Orangnya

Catatan : aku emang gak kreatif

Nisa (Annisa Fajrin Innayanti - 5208100111)
Si nisa pacarnya adalah salah satu asprak ERP, jadinya lumayan enak kalo kepepet ada materi yang nggak dimudengin, dan kebetulan asisten kita lagi berhalangan, nisa bisa dimanfaatin buat minta privat ke masnya . Seperti waktu ada materi Client-Server Softwer, nisa langsung Tanya ke masnya dan mas nya dengan baik hati mau member clue. Tapi, ternyata waktu nisa praktekin sendiri sama kita-kita, hasilnya gagal .

Hardian (Mohammad Hardian - 5208100076)
Disatu sisi Hardian adalah The Master kelompok 2 . Yang paling mudengan ama materi yang mbulet – mbulet. Routing dan workcenter dia yang paling nguasai. Tapi disisi lain, kalau janjian kerja kelompok datangnya sering telat. Katanya sih, abis nganter adiknya. Besoknya kayak gitu lagi dan alasannya sama. Bosen deeeh. Untungnya di hari kemudian waktu telat penyebabnya sudah ganti, gak nganter adik lagi, tapi abis jemput adiknya. Pernah sekali waktu dating ke KFC mukanya melas banget. Sudah bisa kita tebak pasti habis ada apa apa sama adiknya. Sebagai teman yang baik, oleh karena itu kita turut berduka dengan menyanyikan lagu-lagu patah hati disekelilingnya. Hahaha

Diaz (M. Diaz P - 5208100110)
Ini adalah temenku yang sangat besaaaar sekali. Tiga perempat luas lokasi tempat kerja kelompok habis untuk tempat duduk dia. Diaz selalu rajin kalo kerja kelompok, kadang datang duluan terus pesen makanan duluan . Hahaha =p . Kelihatannya sih Diaz ini susah banget bangun kalo udah tidur. Dia pernah sekali gak ikut response gara gara bangun jam 9 (katanya, tapi aku gak yakin, paling bangunnya jam 12). Sejak kejadian itu kita satu kelompok jadi punya sifat tenggang rasa (kayak pelajaran PPKN aja) yang tinggi, setiap pagi sms / miskol saling membangunkan. Terima Kasih diaz,untung kamu telat bangun ^^

Nenek (5208100028)
Nenek adalah nenek. Umm, sapa yah nama aslinya? Sampe lupa. Hehehe (ketularan syndrome nenek-nenek : pelupa) Namanya juga nenek ,pasti paling cerewet. Waktu kerja kelompok nenek selalu jadi yang bikin suasana rame. Nenek itu prepare banget, waktu survey ke Malang, dia bawa minum, jaket dan bekal-bekal lainnya. Dan waktu kerja kelompok, dia pasti bawa oloran kabel. Tapi sayang kenapa dia nggak pernah bawa jajan.

Satu semester ikut kelas ERP bikin banyak pengalaman bertambah. Baik yang positif maupun negative, hehe. Banyak banget tingkahnya. Yang paling diinget waktu kita pernah bikin kasus di Plurk sampe bikin salah satu asprak menangis, haduu.. Maafin kita-kita yah mbak, maklum anak muda, banyak khilafnya.

Selain itu jadi inget waktu Survey industry ke Malang. Yang berangkat aku , nenek, dias, n hardian (nisa lagi kondangan). Dari jam 7 pagi, hardian sudah nyampe di kampus dan belom ada orang sama sekali. Setelah menunggu sampe jam 10 akhirnya komplit sudah anggota kelompok dan siap menuju lokasi survey. Efek begadang gara FP Manajemen Layanan SI/TI semalam bikin Ngantuk, akhirnya aku memutuskan duduk di kursi belakang dan tidur dari Surabay – Malang. Aku selonjorin kaki gak peduli efek bau kaki yang bakal bikin semua penghuni mobil pingsan. Sampai ditempat, kita semua rada cegek liat perusahaannya. Aku Cuma mbatin ‘gila, keren bangeet industry ini !’ Hahaha . gak berani ngomong keras-keras, soalnya orang yang njaga udah mirip Ade Rai. Yahsudah kegiatan dilanjutkan dengan wawancara sesuai materi yang dibutuhkan dan foto-foto secukupnya. Pulangnya mampir ke Bakpao Telo, yummie …

Di zaman kayak gini, ilmu mengenai pengelolaan sumber daya perusahaan sangat dibutuhkan. Globalisasi dunia telah membuat jaringan bisnis semakin meluas. Domain konsumen dari sebuah perusahaan tidak lagi hanya berasal dari satu region melainkan dari seluruh dunia. Begitu juga unit kreatif Lampion ini, jangan dinilai dari fisik industry saja, ternyata tidak jarang konsumennya berasal dari India, Malaysia dan Negara-negara lainnya lho. Globalisasi dunia bisnis menuntut perusahaan untuk dapat mengelola informasi dengan baik, sehingga kebutuhan informasi masing–masing pihak yang berkepentingan (bukan hanya konsumen) dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat. Dan Otomatisasi proses pengelolaan informasi dapat dilihat salah satunya dalam penerapan Entreprise Resources Planning (ERP).

Alhamdulilah setelah perjuangan berdarah-darah dalam matakuliah ini (labia deh) akhirnya 4 dari 5 anggota kelompok dapet nilai A, dan sisanya AB. Terima kasih Mbak Yossie (Asprak PSDP yang kita buat menangis ^.^v ), Ibu Mahe, dan pihak-pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu..

3 komentar:

Annisa Fajrin Inayanti mengatakan...

hoeeee..... ngacoo deh ah...
aku dimanfaatin ini jadinya (annoyed)

Anonim mengatakan...

hahahha..
eh emang kenapa kok mbak yosie bisa sampe nangis?

alasan hardian telat lak mesti.. (LOL)
panceet ae.. :p *peace*

Ruruh Estiningtyas mengatakan...

@nisa : hehe . Piss sai, itu semua terjadi secara alami, alias tanpa rencana dan tanpa disengaja ^^v

@anggi : Pssst..rahasia nggi. Ngga boleh menyebarkan aib keluarga nih. Hahaha. Tapi sudah beres kok tragedinya :)
wow,hardian pancet ae? kmu sdh berpengalaman dgnya ya ? :D

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

What date today ?

My Yahoo Messenger

Status YM

About Ruruu

Foto saya
Greater Jakarta Area, Jakarta, Indonesia
Mahasiswa dan atlit tidur nasional. Biasa dipanggil Ruru atau Tyas. Sedang menikmati kehidupan yang tak lepas dari kampus Sistem Informasi ITS TERCINTA (saya angkatan 2008) - HMSI - EUREKA TV ITS - Blog - Plurk - Web - YM - FB - Mall - Bioskop - Jogging - Temen teman - Selalu berusaha menjadi yang terbaik pada apa yg dijalaninya. Follow my blog : www.ofcourseruru.blogspot.com

Chit-Chat =D


ShoutMix chat widget

    cheers

    ofcourse.ruru

    blog-indonesia.com
    Powered By Blogger

Recent Comments